Printer Laser Samsung ML-1630

Samsung menghadirkan printer laser monokrom dengan seri ML-1630, yang tidak hanya berfokus pada kegunaan dan kinerja tetapi juga pada estetika. Dengan desain yang minimalis dan stylish, produk ini mengusung 3 slogan yaitu slim, sleek, dan silent. Ketiga slogan tersebut memang menegaskan keunggulan yang ditawarkannya. Samsung mengklaim bahwa ML-1630 merupakan printer laser monokrom paling ringkas di dunia karena hanya memiliki ketebalan 11 cm saja. Produk ini menurut Samsung merupakan perimbangan antara tampilan eksterior yang sederhana dan manis dengan interior printer berteknologi tinggi.

Samsung mendesain ML-1630 sebagai printer sederhana. Ini terlihat terlihat pada kontrol printer yang amat minimalis, hanya dihiasi dengan sebuah tombol power berserta LED sebagai indikator perangkat cetak ini. Untuk konektivitas, printer ini menyertakan jalur USB 2.0 (sayangnya tanpa port LAN) sehingga lebih cocok untuk pengguna rumahan. Untuk mendukung kinerjanya, perangkat ini dilengkapi dengan prosesor Samsung 150MHz dengan kapasitas memori 8 MB. Kapasitas bakinya bisa diisi hingga 100 lembar yang cukup ideal bagi kebutuhan rumahan yang tidak sekompleks pengguna kantoran. Uniknya, untuk membuka baki, Anda cukup menekan tombol yang terdapat di dekatnya. Langkah ini terbilang cukup efektif karena Anda tidak perlu menariknya secara manual. Terdapat pula tombol soft-touch untuk mengoperasikan printer secara otomatis tanpa harus menggunakan aplikasi.

Kecepatan cetak yang dicapai memang tidak terlalu istimewa. Spesifikasinya mencantumkan kecepatan cetak 16 halaman permenit untuk ukuran A4. Untuk memastikannya, kami mencetak 5 halaman teks dengan waktu yang dicapai yaitu sekitar 28 detik. Kualitas cetak warna hitam yang dihasilkan terlihat lembut, pekat, dan presisi. Menggunakan lensa pembesar, teks yang dicetak masih terlihat jelas pada font berukuran 5. Samsung ML-1630 juga memiliki fungsi energy saver, yang akan memerintahkan printer dalam keadaan sleep saat idle.

Kami juga menyukai proses dari sleep ke wake-up yang tidak memerlukan waktu tunda yang lama. Jika mencetak 1 halaman teks pada modus aktif memakan waktu sekitar 12 detik, proses pencetakan dokumen pada modus sleep memakan waktu sekitar 16 detik saja. Dan sesuai salah satu slogannya “silent”, memang terbukti bahwa printer ini “hening” saat mencetak. Penarikan kertas pada baki saat dicetak juga tidak kasar sehingga nyaman jika Anda hendak melakukan cetak di malam hari.

Kapasitas toner memiliki kemampuan cetak hingga 1000 halaman. Namun ini hanya berlaku saat menggunakan toner bawaan. Namun pada toner berikutnya, kemampuan cetaknya bisa mencapai hingga 2000 halaman. Sepertinya, kapasitas toner bawaan paket dibuat lebih sedikit demi efisiensi harga jualnya.

Apa yang ditawarkan Samsung ML-1630 memang cukup menarik dilihat dari sisi estetika dan kinerja. Desainnya yang stylish akan membuat meja kerja Anda semakin cantik dan menarik. Di luar itu, kualitas cetak yang ditawarkannya cukup bagus dan kecepatannya juga tidak jelek.

Plus : Desain minimalis dan stylish; kualitas cetak bagus; tidak berisik; harga menarik.

Minus: Tanpa port jaringan; tanpa aplikasi tambahan.

Sumber : https://infokomputer.grid.id/2009/08/uji-produk/periferal/samsung-ml-1630/

Komentar Anda