Printer Laser Konica Minolta MagiColor 1650EN

Untuk yang berkecimpung pada usaha rumahan maupun kecil (SOHO/SMB) tentu membutuhkan printer sesuai dengan kebutuhannya (yang cenderung lebih sederhana dibandingkan pemain korporat). Oleh karena itu, dihadirkan seri MagiColor 1650EN dari Konica Minolta. Apa yang ditawarkannya mencakup kemampuan mencetak dengan laser warna yang menggunakan 4 toner YMCK.

Mengapa cocok untuk kalangan SOHO? Dilihat dari spesifikasinya, MagiColor 1650EN merupakan varian yang paling sederhana karena tidak menyertakan fungsi duplex serta baki tambahan untuk menampung kertas yang lebih banyak. Karena kalangan SOHO tidak memiliki ritme cetak yang tinggi dibanding kalangan korporat, spesifikasi ini cocok bagi mereka. Namun demikian jika kebutuhan cetak dirasa kurang, Anda bisa menambahkan baki (lower paper feeder) tambahan dengan kapasitas 500 lembar yang bisa dibeli secara terpisah.

Untuk kalangan SOHO yang membutuhkan percetakan secara bagi pakai, disertakan port jaringan berupa ethernet 10/100. Printer ini dipersenjatai dengan prosesor 400 MHz (Zoran Quatro 4230) dan memori 256cMB. Besarnya kapasitas memori yang terintegrasi ini memang dibutuhkan saat digunakan sebagai printer jaringan.

Saat Anda membeli MagiColor 1650EN, sudah disertakan toner YMCK. Namun kapasitas bawaan ini hanya mampu mencetak kurang lebih 500 lembar untuk toner warna (YMC) dan 1000 lembar saat mencetak hitam dari toner hitam (K). Sementara kapasitas penuh toner-nya mampu mencetak 1500 lembar dari toner warna dan 2500 lembar dari toner hitam pada penggunaan standar.

Dilihat dari sisi kecepatan, kemampuan mencetak teks monokrom terlihat cukup gegas. Namun kami agak sedikit kecewa akan kecepatan cetak dokumen warna maupun gambar. Waktu tempuhnya terbilang lama untuk sebuah printer laser. Waktu yang lama ini bukan terjadi saat printer sedang mencetak, akan tetapi saat proses perpindahan data. Bahkan jika Anda mencetak 5 lembar, kadang printer berhenti pada cetakan lembar ke sekian dan selanjutnya mencetak halaman berikutnya. Hal inilah yang membuatnya terbilang lambat.

Di luar itu, hasil cetaknya terbilang bagus dari sisi kualitas toner yang tercetak pada kertas. Hal ini memang terbukti saat kami mencetak dokumen gambar. Hasilnya terlihat sangat rapat dan licin saat kami sentuh. Bahkan kami mencoba meneteskan sedikit air, air tersebut tidak merembes di kertas. Kemampuan ini tersedia sedikit banyak berkat teknologi andalannya dalam menghasilkan kualitas cetak yang prima yaitu teknologi SimitriHD.

Teknologi ini menghasilkan bubuk toner polimerisasi dengan bentuk lebih membulat dan ukuranya pun lebih kecil sehingga akan menempel lebih rapat pada kertas.

Dengan feature standar tanpa duplex serta baki tambahan, printer ini cukup memadai bagi kalangan SOHO/SMB. Kualitas teknologi SimitriHD yang cukup baik menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan produk ini. Dengan segala keunggulan dan kekurangan yang ada, Konica Minolta MagiColor 1650EN tetap menjadi printer laser warna yang patut dilirik.

Plus : Hasil cetak presisi berkat teknologi simitri HD; hasil cetak tahan air; desain kompak; bisa digunakan sebagai printer jaringan; harga menarik.

Minus: Lambat saat mencetak dokumen warna; tanpa fungsi duplex serta baki tambahan; hasil cetak gambar kurang cerah.

Sumber : https://infokomputer.grid.id/2010/02/uji-produk/periferal/konica-minolta-magicolor-1650en/

Komentar Anda