Printer Laser A4 Fuji Xerox DocuPrint C2200

Pencetakan dokumen menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kalangan perkantoran dan industri kecil yang memiliki ritme kerja tinggi. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Fuji Xerox menghadirkan jajaran printer laser warna seri DocuPrint C2200 yang merupakan pembaruan dari seri sebelumnya, DocuPrint C2100.

DocuPrint C2200 menawarkan hal baru berupa adanya fitur keamanan serta administrasi. Fitur keamanan ini di antaranya SNMP V3, IPv6+IPSec dan otentifikasi 802.1X. Ada lagi fungsi Secure Print yang mengharuskan pengguna memasukkan sandi untuk melakukan pencetakan dari komputer. Dengan fungsi ini, dokumen penting dan rahasia pengguna akan bisa dicetak secara aman.

Dari sisi penggunaan di lingkungan jaringan, juga disertakan fungsi Auditron untuk membatasi pemakaian user tertentu serta memudahkan manajemen biaya cetak. Selain itu, DocuPrint C2200 juga menggunakan toner baru tipe EA-HG (Emulation Aggregation High Grade) dengan dua pilihan kapasitas. Pilihan ini adalah 6K (K)/4K (CMY) pada built-in cartridge (saat printer pertama kali dipakai) dan 9K (K)/9K (CMY).

DocuPrint C2200 menggunakan jalur kertas baru yang menggunakan pencetakan langsung (direct printing) sehingga memungkinkan gambar atau teks dipindahkan dari drum ke kertas. Hal ini menghasilkan kualitas cetak yang prima. Kami mencoba mencetak dokumen mulai dari ukuran yang terbesar (36) hingga yang terkecil (1). Hasilnya, semua dokumen tampil cukup tajam dengan presisi yang baik. Teks masih menghasilkan kerapatan yang cukup baik hingga font berukuran 6. Di bawah itu, teks mulai tidak akurat karena tinta mulai agak melebar dan jarak antar font tidak konsisten. Begitu pula saat mencetak teks beserta gambar, hasil warna cukup akurat dengan tingkat presisi yang baik.

Jika dilihat dari sisi kecepatan, hasil cetak printer ini cukup memuaskan (meskipun bukan yang tercepat). Pada saat mencetak teks mono, waktu yang ditoreh terbilang lumayan, yakni sekitar 12 detik pada posisi aktif. Sementara pada posisi sleep, printer membutuhkan waktu kalibrasi yang agak lama, yaitu sekitar 20 detik. Saat mencetak teks beserta gambar, waktu yang dibutuhkan sekitar 16 detik, tergolong cukup gegas.

Pada panel depan, terdapat tombol cancel job yang berfungsi untuk membatalkan aktivitas cetak. Saat kami coba, respon yang didapat agak lambat. Saat mencoba mencetak 5 lembar teks, kami menekan tombol tersebut. Hasilnya proses cetak baru bisa berhenti setelah printer mencetak 2 lembar dokumen.

Yang cukup menarik, printer laser ini dibandrol dengan harga US$749. Harga ini cukup bersaing untuk kelas printer laser warna yang menyasar segmen UKM.

Jika Anda membutuhkan sebuah printer laser warna dengan kualitas prima serta dilengkapi sistem keamanan, Fuji Xerox DocuPrint C2200 bisa menjadi pilihan yang menarik. Dengan siklus pakai yang cukup tinggi, printer ini cocok untuk memenuhi kebutuhan UKM. Meskipun demikian, pengguna perlu memerhatikan konsumsi listrik printer ini yang tergolong agak tinggi.

Plus : Kualitas cetak tajam dan presisi; dilengkapi fitur keamanan dan administrasi; ada fungsi Auditron dan Secure Print; harga bersaing.

Minus: Konsumsi daya cukup besar; menu pada panel depan agak merepotkan; respon tombol Cancel agak lambat.

Sumber : https://infokomputer.grid.id/2009/06/uji-produk/periferal/fuji-xerox-docuprint-c2200/

Komentar Anda